Langsung ke konten utama

Kuis Pertemuan ke-6 (Inovasi SI & New Technology)

Soal Essay

1. Jelaskan Komunikasi synchronous atau asynchronous

2. Jelaskan karakteristik saluran komunikasi dasar

3. Jelaskan jenis media transmisi

4. Sebutkan dan jelaskan Perangkat media telekomunikasi 

5. Jelaskan Cara kerja Modem

6.  Apa yang dimaksud dengan front end processors

7. Apa yang dimaksud dengan Switched and dedicated lines

8. Jelaskan ISDN dan DSL

9. Jelaskan macam2 Network dan gambarkan

10. Jelaskan Jaringan  switching devices dan jelaskan Dasar Strategi jaringan


1. Komunikasi Synchronous artinya penerima mendapat pesan secara instan (tanpa jeda). Sedangkan komunikasi Asynchronous artinya penerima mendapat pesan beberapa waktu setelah dikirim (ada jeda).


2. Saluran komunikasi dapat diklasifikasikan sebagai simplex, half-duplex, atau full-duplex.

• Simplex channel: dapat mengirimkan data hanya dalam satu arah.
• Half-duplex channel: dapat mengirimkan data di kedua arah, namun tidak secara bersamaan.
• Full-duplex channel: memungkinkan transmisi data di kedua arah pada saat bersamaan.

3. 1. Media yang Dituntun (Guided Media/Wired)

Media yang dituntun atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Guided Media adalah jenis media yang memiliki bentuk fisik seperti Kabel pasangan berpilin (twisted pair), kabel serat optik (Fiber optic cable) dan kabel coaksial (coaxial cable). Setiap media transmisi memiliki karakteristiknya tersendiri seperti kecepatan transmisi, efek suara, biaya dan penampilan fisiknya. Dikatakan sebagai Guided Media karena Sinyal listrik atau gelombang-gelombang dituntun transmisinya melewati media fisik. Ada juga yang menyebutkan Guided Media sebagai Wired atau Bound transmission media.

1.1. Kabel pasangan berpilin (Twisted pair cable)

Twisted pair Cable pada dasarnya merupakan sepasang kabel tembaga yang diputar bersama-sama berbentuk spiral dan dibungkus dengan lapisan plastik. Twisted Pair Cable ini pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Kabel UTP (unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Diameter Twisted Pair sekitar 0,4mm hingga 0,8mm.

1.2. Kabel Koaksial (Coaxial Cable)

Kabel Koaksial (Coaxial Cable) adalah kabel dua konduktor yang mana satu konduktor berada di rongga luar mengelilingi satu konduktor tunggal yang dipisahkan oleh bahan Isolator. Kabel jenis ini memiliki impedansi transmisi yang konstan serta tidak menghasilkan medan magnet sehingga cocok untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi.

1.3. Kabel Serat Optik (Fiber Optic Cable)

Kabel Serat Optik atau Fiber Optic Cable adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik halus yang dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya. Sumber cahayanya dapat berupa sinar Laser ataupun sinar LED. Diameter kabel serat optik sekitar 120 mikrometer.

2. Media yang Tidak Dituntun (Unguided Media/Wireless)

Media yang tidak dituntun atau Unguided Media adalah media yang menggunakan sistem gelombang elektromagnetik dalam mentransmisikan informasi dari pengirim ke penerima tanpa ada perangkat fisik yang menuntunnya. Unguided Media ini lebih dikenal dengan istilah Wireless yaitu media transmisi tanpa kabel. Media yang tidak dituntun atau Unguided Media ini diantaranya adalah Frekuensi Radio, Gelombang Mikro (Microwave), Inframerah dan Satelit. Unguided Media ini juga disebut dengan Unbounded Transmission Media.

2.1. Frekuensi Radio (Radio Frequency)

Frekuensi Radio adalah media transmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan kisaran frekuensi diantara 3kHz hingga 300Ghz. Frekuensi Radio pada umumnya menggunakan antena untuk menyebarkan gelombang elektromagnetiknya. Media Transmisi Frekuensi Radio banyak diaplikasikan di Televisi, Radio FM.

2.2. Gelombang Mikro (Microwave)

Gelombang Mikro atau Microwave adalah Media Transmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency) yaitu frekuensi yang berada di kisaran 3GHz hingga 30GHz dengan panjang gelombang sekitar 1mm hingga 1m untuk mentransmisikan sinyal dari pengirim ke penerima.

2.3. Infra Merah (Infrared)

Infra Merah atau Infrared adalah media transmisi yang menggunakan radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang yang lebih panjang dari cahaya tampak tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Inframerah biasanya digunakan pada komunikasi jarak dekat seperti remote control pada televisi maupun perangkatn elektronika lainnya.

2.4. Satelit

Satelit adalah jenis Media Transmisi yang menggunakan Satelit sebagai penerima sinyal dari stasiun bumi dan memancarnya ke stasiun bumi lainnya. Satelit pada umumnya mengorbit di pada ketinggian 36.000km dari permukaan bumi. Setiap satelit yang mengorbit akan beroperasi pada sejumlah band frekuensi yang disebut dengan channel transponder. Media Transmisi ini sering digunakan untuk Siaran Televisi, Telepon Jarak Jauh dan Jaringan Bisnis Privat (Private Business Network).


4. Media Telekomunikasi adalah apapun yang membawa sinyal elektronik dan merupakan antar muka antara perangkat pengirim dan perangkat penerima.

- Telepon

Media yang bisa digunakan untuk komunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara.

- Radio

Radio adalah media komunikasi yang menggunakan suara melalui siaran yang bisa didengar dengan frekuensi yang dijangkaunya. Siaran tersebut ialah transmisi oleh gelombang radio yang ditujukan untuk menjangkau publik.

- Surat kabar

Surat kabar atau bisa disebut dengan koran, merupakan publikasi berseri yang berisi berita tentang berbagai kejadian terkini, artikel informatif lainnya tentang politik, olahraga, seni, dan lainnya.

- Internet

Era digital dalam sejarah perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan kehadiran media baru yaitu internet. Di era globalisasi seperti sekarang, internet telah menjadi sumber utama informasi dari berbagai belahan dunia dan tema. Derasnya arus informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen akibat kehadiran internet sebagai media komunikasi telah menjadikan konsumen belajar untuk mencari informasi yang benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

- Telegram

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan telegram adalah berita yang dikirim dengan menggunakan telegraf atau disebut juga dengan kabar kawat. Dengan demikian, telegram adalah pesan tertulis yang dikirimkan dengan menggunakan telegraf dan dimana teks ditulis atau dicetak dan dikirimkan dengan tangan atau teleprinter.


5. Dalam penggunaannya, modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload/mengirim data, maka informasi/data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya.

Saat data/informasi analog tadi sampai ke komputer tujuan, maka modem yang ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data tersebut (analog) menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer tujuan tadi.
Begitu pula saat kita men-download data/file, data tersebut merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat masuk ke komputer kita, modem akan seketika mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa ditampilkan. Hal inilah yang memungkinkan komputer-komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain.

6. Front-End Processors adalah komputer khusus yang mengelola komunikasi ke dan dari sistem komputer. Menghubungkan komputer midrange atau mainframe ke ratusan atau ribuan jalur/saluran komunikasi.

7. - Switched Line adalah jalur komunikasi yang menggunakan peralatan switching untuk memungkinkan satu perangkat transmisi yang akan terhubung ke perangkat transmisi lainnya.
Dedicated Line adalah jalur komunikasi yang menyediakan koneksi konstan antara dua titik, juga disebut leased line.

8. Integrated services digital network (ISDN) adalah satu set standar untuk mengintegrasikan komunikasi suara dan data ke satu jalur melalui transmisi digital melalui kabel tembaga atau media lainnya.
ISDN memerlukan adapter khusus pada kedua ujung saluran transmisi.
ISDN Basic Rate Interface 128 kbit / s.
ISDN Primary Rate Interface 2.048 kbit / s.

Digital subscriber line (DSL) adalah teknologi telekomunikasi yang memberikan informasi bandwidth tinggi untuk rumah dan usaha kecil melalui kabel telepon tembaga biasa. Menyediakan tingkat transmisi 512 Kbps sampai 1,544 Mbps dari kantor pusat ke pelanggan. Menyediakan tingkat transmisi sekitar 128 Kbps dari pelanggan ke kantor pusat. Dapat membawa data dan sinyal suara.

9. - LAN (Local Area Network)

LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek. Sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah jaringan biasanya berisi satu LAN, meskipun kadang-kadang satu gedung akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN akan menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal.

Local Area Network (LAN) - Teknik Komputer

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. Jenis jaringan komputer ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel untuk menghubungkan LAN.

Apa yang dimaksud dengan Metropolitan Area Network (MAN) ? - Press Burner

WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menyimpan alamat LAN dan alamat WAN.

Advantages and disadvantages of wide area network (WAN) - IT Release

PAN (Pearson Area Network)

Sama seperti jaringan LAN, jenis jaringan komputer PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan rumah atau kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti Internet atau printer.

What is Personal Area Network (PAN) in Computer Networking? Examples

CAN (Campus Area Network)

CAN bisa dibilang mirip dengan jenis jaringan komputer MAN, tetapi terbatas pada universitas atau akademi. Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

Overview of Campus Area Network (CAN) - GeeksforGeeks

VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah solusi untuk menyediakan koneksi Internet yang aman. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut. VPN membuat jalur aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.

Virtual Private Network (VPN) Best Practices - SDxCentral

10. - Private branch exchange (PBX): sistem switching dalam bangunan yang dimiliki atau disewa oleh sebuah perusahaan swasta yang meng-interkoneksi telepon dan menyediakan akses ke sistem telepon umum

- Bridge: sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang menggunakan protokol komunikasi yang sama
- Switch: perangkat telekomunikasi yang mengarahkan data yang masuk dari salah satu banyak port ke port output tertentu yang akan membawa data menuju tujuan yang diinginkan.
- Hub: tempat pemusatan dimana data datang dari satu arah atau lebih dan diteruskan ke satu atau lebih tujuan
- Router: sebuah peralatan atau perangkat lunak yang menentukan jaringan selanjutnya di mana paket akan diteruskan untuk menuju ke arah tujuannya
- Gateway: simpul jaringan yang berfungsi sebagai pintu masuk untuk menuju jaringan yang lain:
a. Kedua peralatan tersebut digunakan untuk mengatur lalu lintas jaringan diantara dua atau lebih jaringan terpisah
b. Gateways mengatur lalu lintas data diantara jaringan yang berbeda (Win NT & Netware), sedangkan router mengatur lalu lintas data diantara jaringan yang sama.
- Jika hubs, bridges dan switches merupakan peralatan jaringan, maka router dan gateway adalah peralatan antar jaringan.

Dasar Strategi Jaringan
• Pemrosesan Terpusat: semua pemrosesan dilakukan pada satu lokasi atau fasilitas.
• Decentralized Processing: peralatan pemrosesan diletakkan pada berbagai lokasi remote.
• Pemrosesan Terdistribusi: komputer-komputer diletakkan pada lokasi remote tetapi satu sama lain terkoneksi melalui jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia & Kebudayaan

Manusia & Kebudayaan Pendahuluan Di antara makhluk ciptaan Tuhan yang lain manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Manusia menciptkan kebudayaan yang berbeda-beda disetiap kalangannya, dan melestarikannya secara turun temurun. Manusia disebut sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna karena manusia mempunyai akal budi yang diberikan oleh Tuhan agar mampu membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar, juga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi pemimpin di muka bumi ini. Selain itu manusia juga disebut sebagai “makhluk sosial” yaitu dimana manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan hidup berdampingan antara individu satu dengan individu yang lain. Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di dunia ini. Kebudayaan mempunyai kegunaan yang sangat besar bagi manusia. Hasil karya manusia menimbulkan teknologi yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi

e-Payment

  Mudahnya Bertransaksi dengan e-Payment     2KA26   - Beny Julyan                                                                    (11119336) - Hadrian Dimas                                                              (12119671) - Kahfi Aslam                                                                    (13119211) - Muhammad Fahmialdo                                            (14119124) - Ryan Faadhilah                                                            (15119786)         INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY   UNIVERSITAS GUNADARMA   PTA 2020/2021 e-Payment   E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi