PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI
KELOMPOK
5 :
Ø BENNY
JULYAN (11119336)
Ø
HADRIAN DIMAS (12119671)
Ø
KAHFI ASLAM (13119211)
Ø
MUHAMMAD FAHMIALDO (14119124)
Ø RYAN FAADHILAH (15119786)
KELAS 2KA26
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2019/2020
LATAR
BELAKANG
Teknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,
sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya
sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat
disebar dan diakses secara global.
Perkembangan Teknologi
Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai
dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan
ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang
ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti
e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine,
e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
RINGKASAN
PEMBAHASAN
·
Sejarah Perkembangan
Sistem Informasi
Manusia mulai mempertukarkan
informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik
dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi
itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal
sejarah perkembangan sistem informasi dimulai dari sini. Tanpa langkah yang
dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih
seperti komputer dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam
perkembangan komunikasi dan informasi,diantaranya dapat kami jabarkan dibawah
ini.
·
Periode pertama: Pra
Mekanik
Pada periode ini,
komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun
3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan
pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini
Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol
milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah
digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini
menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari
papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya
hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa
Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada
penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.
·
Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam
masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk
menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam
masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi
menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama
dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali
diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan
dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung
data.
·
Periode ketiga:
Elektromekanik
Pada masa ini,
penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin
sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan
kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung.
Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program
dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1.
Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi
komputer, laptop, tablet dan smartphone.
·
Periode keempat:
Elektronik
Jean Hoerni
mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat
mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada
tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced
Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet
yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk
pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama
Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk
interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove,
Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya.
Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara
massal.
Setelah keempat era
ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem
operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com
dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu.
Semoga artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa
menambah pengetahuan kamu di dunia komputer.
PENGERTIAN
Teknologi merupakan
sebuah alat yang dirancang sedemikian rupa oleh manusia untuk memudahkan
manusia dalam melakukan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan
teknologi terus maju dengan pesat seiring berlalunya zaman. Mulai dari
teknologi tradisional sampai teknologi modern saat sekarang ini.
Teknologi adalah
keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi
kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Perkembangan teknologi
bukan hanya dititik beratkan pada fungsi teknologi tetapi juga diperhitungkan
seberapa efektif teknologi tersebut dapat memudahkan usaha manusia. Tengok saja
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mulai dari komunikasi dengan
surat, telepon, handphone dan saat sekarang ini sudah memasuki pemanfaat mikroteknologi.
Contoh
dan Peran Teknologi Sistem Informasi
·
Bidang
pendidikan(e-education)
Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet
untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat nilai mahasiswa
secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas
tugas yang diberikan guru/dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan.
Contohnya:
web resmi Gunadarma yaitu BAAK Online yang sebagai sumber informasi baik jadwal
kuliah, kelas, klender akademik, dan informasi lainnya seputar perkuliahaan
untuk mempermudahkan para mahasiswanya untuk mencari informasi.
·
Dalam Bidang
Pemerintahan (e-government)
E-government mengacu
pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan
intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan
penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi
bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan
internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya
e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan
hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi
ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to
Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).
Bidang Keuangan dan
Perbankan.
Saat ini telah banyak
para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan
uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan
perbankan modern.
Layanan perbankan
modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan
ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan
perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun
agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak
disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia
yang unik dan luas.
Untuk menunjang
keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah
pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah
oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi
online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik
uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau
seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening
yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Dampak
Posistif & Negatif
Dampak
Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
·
Informasi yang
dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan
pendidikan.
·
Inovasi dalam
pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses
pendidikan.
·
Kemajuan TIK juga akan
memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis
yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
·
Sistem administrasi
pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem
TIK.
·
Munculnya media massa,
khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
·
Munculnya metode
pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses
pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat
siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan
bantuan teknologi abstrak.
·
Sistem pembelajaran
tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran
tidak harus mempertemukan siswa dan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan
pos, internet dan lain-lain.
·
Mengurangi lag dalam
penggunaan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara-negara berkembang
dan negara maju lainnya.
·
Peningkatan kualitas
sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi.
·
ICT sebagai sistem
pendukung keputusan dalam dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensi mereka
dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan profil lembaga pendidikan yang
diakui oleh Pemerintah.
·
Berbagi hasil
penelitian, penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan
oleh orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cepat.
·
Konsultasi dengan ahli,
konsultasi ahli di bidang undangan dapat dilakukan dengan mudah bahkan jika
para ahli sangat banyak di tempat.
·
Perpustakaan online,
perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
·
Diskusi online. Diskusi
online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
·
Kelas online. Aplikasi
kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh,
seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka. “Computer Aided Instruction”
telah melihat sedikit peningkatan kinerja siswa pada pilihan ganda, pengujian standar
di beberapa daerah. Computer Aided (atau dibantu) Instruksi (CAI), yang umumnya
mengacu pada siswa belajar mandiri atau tutorial pada PC, telah terbukti
sedikit meningkatkan nilai tes siswa dalam membaca dan matematika keterampilan
atau mata pelajaran lain, meskipun apakah peningkatan ini berkorelasi dengan
peningkatan yang signifikan dalam belajar siswa.
·
TIK digunakan dalam
mata pelajaran sekolah yang berbeda. Penggunaan ICT untuk simulasi dan
pemodelan dalam sains dan matematika telah terbukti efektif, karena memiliki
perangkat lunak pengolah kata dan komunikasi (e-mail) dalam pengembangan bahasa
dan kemampuan komunikasi siswa.
·
Akses luar sekolah
mempengaruhi kepercayaan pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah
juga menggunakan komputer di sekolah lebih sering dan lebih percaya diri
daripada siswa yang tidak memiliki akses di rumah mereka.
Dampak
Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
Ada biaya besar yang
terlibat antara siswa miskin dan pendidikan yang bisa berakhir menjadi
kerugian. Hal ini sering disebut sebagai faktor kesenjangan digital. Beberapa
dampak negatif dari da Komunikasi Teknologi Informasi dalam pendidikan, antara
lain:
·
Kemajuan TI akan
semakin memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses
mudah ke data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
·
Meskipun sistem
administrasi suatu lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah, tetapi jika
ada kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
·
Salah satu dampak
negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan
berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (jangka pendek perhatian).
·
Tes Program kerahasiaan
semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat
diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada
akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat
kebocoran melalui internet.
·
Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu
bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi
berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang
tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
·
Tidak membuat TI
sebagai media atau sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya
men-download, tapi masih membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi
perpustakaan digital, tetapi juga masih mengunjungi perpustakaan.
·
Pertimbangkan
penggunaan TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada
dalam kendali sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra
penggunaan.
·
Mahasiswa dan
kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya
karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan
secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif
melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada
manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk
melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
·
Perlu untuk tujuan yang
jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan
penggunaannya tidak jelas. Seperti untuk menggunakan internet untuk mencari
video porno saat menggunakan komputer di sekolah.
Perkembangan
Ilmu Informatika di Indonesia
Ilmu informatika adalah
ilmu yang saat ini sangat dibutuhkan dimanapun berada. Di Indonesia saat ini
yang paling banyak digemari adalah informatika dengan tingkat pertumbuhan yang
cukup tinggi dibandingkan dengan sistem komputer dan sistem informasi.Ini
berawal dari tahun 1990-an saat komputer pertama kali diperkenalkan didalam
dunia pendidikan di Indonesia setelah itu baru muncul ilmu-ilmu mengenai komputer.
Perguruan tinggi yang
ada di Indonesia mulai membuka program studi komputer yaitu Teknik Informatika,
Manajemen Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi. Lulusan Teknik
Informatika mempunyai kesempatan kerja yang sangat luas, pada sektor industri
dan bisnis di mana komputer digunakan secara intensif seperti pada industri
manufakturing, perminyakan, perbankan, konstruksi, asuransi, transportasi,
kesehatan, penelitian pendidikan dan lain-lain.
Sedangkan, Informatika
itu sendiri adalah ilmu yang digabungkan antara ilmu murni dan ilmu terapan.
Dikatakan seperti itu karena mencakup hal-hal sebagai berikut :
- Logika karena
struktur komputer dan pemograman berdasarkan rangkaian logika.
- Matematika diskrit
karena komputer mampu menyelesaikan persoalan kombinatorik secara cepat.
- Elektronika, mikro
elektronika, dan arsitektur komputer karena komputer diwujudkan sebagai
rangkaian elektronika atau gabungan dari chips.
- Metodelogi
Pemograman, karena yang paling mendasar dalam suatu sistem komputer adalah
program, mulai dari program skala kecil sampai dengan skala besar.
- Engineering
(khususnya Software Engineering) karena perangkat lunak, yang berangkat
dari ilmu coba coba makin mencari bentuk menjadi engineering.
- Komunikasi dan
telekomunikasi bahkan telematika, karena akhirnya komputer hanyalah suatu
titik dalam jaringan komputer.
Tetapi saat ini ilmu
informatika mencakup antara lain : Informatika teoritis, Informatika dasar
(pemograman), Sistem (Sistem Operasi, kompilator, dan perangkat lunak sistem
yang lain), Sistem Informasi (SIM, DSS, EIS), Jaringan Komputer, Basis Data,
Intelegensi Buatan, Robotika, Grafik dan citra, serta Perhitungan Numerik.
Saat ini Informatika
adalah salah satu bentuk ilmu di Indonesia yang sedang membangun kemajuan IPTEK
dari negara lain. Keberadaan beberapa program studi di IT Telkom yang tercakup
dalam lingkup disiplin Computing, antara lain :
- Sistem Informasi :
kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Sistem informasi
sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses
algoritma,data,dan teknologi.
- Sistem Komputer :
ilmu yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan
tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
- Teknik
Telekomunikasi : teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu
tempat ke tempat lain.
- Teknik Informatika
: ilmu yang mempelajari masalah transformasi atau pengolahan data dengan
memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses
logika.
Kesimpulan
Tuntutan pembelajaran
di masa yang akan datang harus bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multi
disipliner serta terkait pada produktifitas kerja “saat itu juga” dan
kompetitif. Teknologi informasi dan telekomunikasi dengan murah dan mudah
akan menghilangkan batasan-batasan ruang dan waktu yang selama ini
membatasi dunia pendidikanDewasa ini banyak dampak-dampak yang terjadi akibat
semakin berkembangnya IT didalam negeri ini. Memang perkembangan IT jika
disikapi secara positif mampu memberikan dampak yang positif dan apabila
disikapi secara negatif dapat memberikan dampak negatif pula.
Dunia internet
misalnya, merupakan sebuah perpustakaan maya terbesar di dunia. hampir semua
yang ingin kita cari ada di internet. Informasi melalui media internet, bisa
menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai
standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah
dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif
untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu
untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Salah
satu metode yang mulai diterapkan yaitu pembelajaran distance learning. Metode
distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan
dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah
yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode
distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari
hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk
dipahami.
Referensi:
·
http://kalahkanmalas.blogspot.co.id/2012/07/perkembangan-teknologi-informasi-di_09.html
·
http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/
·
http://www.bukucatatan.net/2015/02/teknologi.html#
Komentar
Posting Komentar