Mudahnya Bertransaksi dengan e-Payment
2KA26
-
Beny Julyan (11119336)
-
Hadrian Dimas (12119671)
-
Kahfi Aslam (13119211)
-
Muhammad Fahmialdo (14119124)
-
Ryan Faadhilah (15119786)
INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2020/2021
e-Payment
E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan
fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi
pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi
e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi
perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai
memfasilitasi e-payment secara aman, cepat dan praktis.
Dengan menggunakan fasilitas e-payment, pihak penjual
dan pihak pembeli akan mendapatkan beragam manfaat, antara lain:
-
Sistem transaksi yang mudah dan dapat dilakukan secara
universal selama masih berada dalam 1 wilayah negara
-
Keamanan transaksi lebih terjaga dibandingkan dengan
melakukan transaksi secara cash atau secara transfer rekening pribadi
-
Penggunaan waktu dan tenaga menjadi lebih simpel dan
efisien
Siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam fasilitas
e-payment? Ada beberapa pihak yang terlibat dalam penggunaan dan penyediaan
fasilitas e-payment, yakni:
-
Pihak pembeli yang melakukan pembayaran dengan metode
e-payment
-
Pihak penjual yang menerima e-payment
-
Issuer , berupa lembaga bank atau lembaga non bank
-
Pihak pengontrol regulasi (regulator), biasa pihak
yang mengawasi dan mengatur proses e-payment adalah pemerintah.
Startup Yang Menyediakan Fasilitas e-Payment
Ada beberapa start-up yang dapat memfasilitasi
e-payment sebagai sarana pembayaran. Beberapa start-up di Indonesia yang memiliki
fasilitas e-payment antara lain:
1.
Kaskus
Kaskus adalah salah satu forum terbesar di Indonesia
yang menyediakan fasilitas e-payment gateway bernama Kaspay. Kaspay resmi
diluncurkan pada ulang tahun Kaskus yang ke-10. Hingga saat ini Kaspay banyak
digunakan oleh anggota forum Kaskus untuk melakukan transaksi jual beli di
forum yang dikenal dengan sebutan FJB (Forum Jual Beli).
2.
Tokopedia
Tokopedia merupakan start up Indonesia yang
memfasilitasi kegiatan belanja online secara aman dan praktis. Pihak penjual
dapat memperoleh domain khusus untuk mulai berjualan di Tokopedia. Selanjutnya,
para calon pelanggan yang sudah melakukan log in di Tokopedia akan leluasa
memilih produk yang diinginkan dan langsung melakukan pembayaran. Selanjutnya,
pembayaran tersebut akan masuk ke akun penjual bila pelanggan sudah memberi
konfirmasi penerimaan barang. Sangat aman bukan.
3.
Bukalapak
BukaLapak.com memiliki konsep yang hampir mirip dengan
Tokopedia, bedanya anda yang berniat membeli produk tidak perlu melakukan log
in untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan BukaLapak.com. Pembayaran
anda akan masuk ke akun penjual bila anda sudah memberi konfirmasi penerimaan
barang.
4.
Doku
Sebelum berganti nama menjadi Doku, layanan e-payment
yang satu ini bernama NSIApay. Doku menjadi fasilitas gateway untuk pembayaran
melalui kartu kredit.
5.
Ipaymu
Ipaymu merupakan salah satu fasilitas e-payment yang
menawarkan banyak fitur bermanfaat seperti layanan pembayaran dengan kartu
kredit, pembayaran secara online serta untuk menarik atau menyetorkan uang.
Fitur yang disediakan oleh Ipaymu memberikan kemudahan bagi para pebisnis yang
memiliki toko online.
Masalah Internet Payment di Indonesia
Sebanyak 24% dari 115 responden Sharing Vision
mengatakan bahwa mereka menggunakan internet payment selama bertransaksi
melalui e-Commerce. Jumlah yang sedikit itu didapat karena calon pembeli online
kebanyakan merasa belum perlu menggunakan internet payment dalam berbelanja.
5 Manfaat Menguntungkan dalam Penggunaan E-Payment di Indonesia
Sejak tahun 2018 hingga sekarang telah menjadi tahun
yang menakjubkan bagi perkembangan layanan pembayaran elektronik/e-payment di
Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berkembang pesatnya pembayaran non tunai
di Indonesia seperti T-Cash, OVO bahkan hingga GO-PAY. Perusahaan mobile wallet
lainnya seperti DANA, PayPro, KasPro, UANGKU dan DOKU Wallet juga tak kalah
penting perannya dalam memajukan perkembangan e-payment di Indonesia. Semuanya
seolah berlomba menarik pengguna sebanyak mungkin dengan memberikan penawaran
menarik.
E-payment telah membuahkan manfaat penting bagi
kemajuan sistem pembayaran dibalik perkembangannya di Indonesia. Berikut 5
manfaat penggunaan e-payment di Indonesia:
1.
Mendorong Efektivitas dan Efisiensi Ekonomi di Indonesia
Dilihat dari mudahnya prosedur pembayaran elektronik
yang cukup dengan hanya memindai (scan) QR code via aplikasi, e-payment
terbukti meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu dalam proses pembayaran.
Efisiensi tersebut berupa pemangkasan waktu transaksi oleh masyarakat, sehingga
mempercepat pelayanan dan penghematan waktu.
2.
E-Payment Membuat Pengeluaran Menjadi Lebih Hemat
Menggunakan e-payment tentu akan memberikan keuntungan
yang belum tentu didapat ketika pembayaran dilakukan secara tunai. Keuntungan
terbesarnya adalah banyaknya diskon maupun promo yang diberikan khusus untuk
penggunanya. Masyarakat Indonesia dapat menikmati potongan harga berupa cash
back apabila melakukan pembayaran menggunakan jasa e-payment dari jasa aplikasi
ojek online seperti GOJEK (GO-PAY) dan Grab (OVO) maupun jasa e-payment lainnya
dari 20% hingga 50% potongan harga.
3.
Memberikan Keamanan Bertransaksi dibandingkan Pembayaran Secara Tunai
Penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran sangat
rawan pencurian, terlebih lagi apabila pembayaran tunai dilakukan dalam jumlah
yang banyak. Sedangkan untuk transaksi e-payment, pengguna wajib memasukkan
password dan PIN yang hanya diketahui oleh si pemilik akun. Pembayaran yang
dilakukan secara elektronik menggunakan mekanisme keamanan yang sangat terjamin
agar pengguna, baik merchant maupun consumer, mempercayai sistem e-payment
tersebut.
4.
Penggunaan E-payment Mengurangi Peredaran Uang Palsu
Semakin minimnya penggunaan uang tunai, maka semakin
minim pula peredaran uang palsu di Indonesia. Pilihan transaksi non-tunai
sendiri memang sudah menjadi himbauan BI (Bank Indonesia) ke masyarakat
Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu karena mata uangnya tidak dapat
dipalsukan.
5.
Meningkatkan Customer Loyality bagi Pelaku Bisnis
Loyalitas pelanggan menyebabkan pelanggan tersebut
untuk melakukan lebih banyak transaksi
dengan vendor tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
adalah dengan menerima media pembayaran dengan e-payment, yang
diharapkan dapat membuat
pelanggan untuk kembali melakukan transaksi dengan vendor tersebut.
Itulah manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan jika
kita menggunakan e-payment sebagai alat bertransaksi di Indonesia.
Sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai menggunakan
e-payment agar mendapatkan manfaat yang menguntungkan. Dengan e-payment, budaya
bertransaksi akan menjadi mudah dan sangat aman untuk semua kalangan.
Referensi:
-
http://davidkleinhandler.com/cara-kerja-payment-gateway-yang-membuat-transaksi-online-lebih-mudah/
-
https://www.paper.id/blog/finansial-umkm/sistem-pembayaran-online-2/
-
https://www.winnetnews.com/post/5-manfaat-menguntungkan-dalam-penggunaan-e-payment-di-indonesia
-
https://tikeutami.wordpress.com/2017/04/01/e-order-e-payment-e-banking-dan-e-delivery/
Komentar
Posting Komentar